Monday 13 February 2012

Silabus Perkuliahan Psikoneuroimunologi S1 Semester 8 T.A. 2011/2012


SILABUS
KONTRAK PERKULIAHAN

MATA KULIAH
:
PSIKONEUROIMUNOLOGI (PNI)
KODE/BOBOT SKS
:
-/2 SKS (2 TEORI)
FAKULTAS/JURUSAN
:
S1 KEPERAWATAN
SEMESTER
:
VIII (DELAPAN)
FASILITATOR
:
Prof. SUHARTONO TAAT PUTRA, dr. MSc (08123031875/taatputra@yahoo.com)
WAKTU
:
SENIN (05.00 – 07.00)
DOSEN PENANGGUNG JAWAB MATA AJAR (PJMA)
:
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep. (085733961610/nersnishawithlove@yahoo.com/gmail.com)



1.        Deskripsi Mata Ajar
Mata ajar ini menyajikan bahasan tentang pemahaman dan penggunaan paradikma dan konsep psikoneuroimunologi yang diperlukan untuk memecahkan masalah iptek keperawatan/kesehatan dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi ilmu keperawatan, sehingga tercapainya profesionalisme.

2.        Tujuan Mata Kuliah
2.1  Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu mengaplikasikan konsep psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan, serta penelitian keperawatan.
2.2  Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu :
a.      Menjelaskan psikoneuroimunologi sebagai pendekatan dalam asuhan keperawatan
b.      Menjelaskan konsep stressor dan adaptasi
c.       Menjelaskan konsep psikobiologi, imunologi dan psikoneuroimunologi
d.      Menjelaskan proses pembelajaran dan koping individu terhadap stress
e.      Menjelaskan psikoneuroimunologi berbasis molekuler
f.        Menganalisa mekanisme infeksidalam psikoneuroimunologi
g.      Menjelaskan mekanisme kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi
h.      Menjelaskan mekanisme imunodefisiensi dalam konsep psikoneuroimunologi
i.        Menjelaskan mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep psikoneuroimunologi
j.        Menjelaskan perilaku keperawatan dan modulasi respon imun
k.       Menjelaskan konsep psikoneuroimunologi pada kebugaran
l.        Menjelaskan penyakit jiwa dan psikoneuroimunologi

3.        Strategi Pembelajaran
Metode pembelajaran pada mata kuliah psikoneuroimunologi lebih banyak menggunakan metode ceramah dan diskusi tentang konsep psikoneuroimunologi dan aplikasinya pada asuhan keperawatan. Penugasan berupa pembuatan makalah sesuai dengan pokok bahasan dalam mata kuliah psikoneuroimunologi, yangakan dilanjutkan dengan diskusi di kelas.

4.        Penugasan
a.         Mahasiswa diberi tugas sesuai dengan pokok bahasan mata kuliah
b.         Tugas berupa tugas individu dan tugas kelompok sesuai dengan topik yang telah ditentukan
c.         Tugas individu berupa resume postlearning. Dikumpulkan langsung pada Dosen PJMA setelah kuliah dilaksanakan.
d.         Tugas kelompok berupa makalah dan softcopy. Materi makalah, waktu pengumpulan, dan waktu presentasi ditentukan oleh fasilitator.

5.        Kriteria Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh fasilitator dengan menggunakan kriteria sebagai berikut :
No.
Nilai Absolut
Nilai Mutu
Nilai Lambang
1
75
A
4.0
2
70 - 74.9
AB
3.5
3
65 – 69.9
B
3.0
4
60 – 64.9
BC
2.5
5
55 – 59.9
C
2.0
6
40 – 54.9
D
1.0
7
< 40
E
0.0
Dalam menentukan nilai akhir digunakan pembobotan sebagai berikut :
a.         UTS                            : 30 %
b.         UAS                           : 30 %
c.         Tugas Individu           : 20 %
d.         Tugas Kelompok       : 20 %

6.        Kegiatan Perkuliahan
PTM
Waktu
Pokok Bahasan
Metode
Fasilitator
PENJELASAN SILABUS OLEH PJMA
1
Senin, 12 Maret 2012
05.00 – 07.00
Pengantar psikoneuroimunologi
1.    Pengertian psikoneuroimunologi
2.    Psikoneuroimunologi sebagai disciplines hybrid
3.    Konsep HPA axis
4.    Sejarah psikoneuroimunologi
5.    Pendekatan psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan

“Tugas resume pengantar psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
2
Senin, 19 Maret 2012
05.00 – 07.00
Konsep stress, stressor, dan adaptasi
1.    Pengertian stressor dan stress
2.    Konsep persepsi dan koping
3.    Local adaptation dan general adaptation
4.    Efek stressor terhadap imunitas

“Tugas resume konsep stress, stressor, dan adaptasi”
Ceramah
STP
3
Senin, 26 Maret 2012
05.00 – 07.00
Konsep psikobiologi, imunologi, dan psikoneuroimunologi
1.    Konsep nerve-imune bidirectional
2.    Interaksi neuroimune
3.    Jalur neuroendokrin dan sistem imun
4.    Peran neuropeptida, hormon dan sitokin dalam psikoneuroimunologi
5.    Neuromudulasi pada sistem saraf
6.    Faktor-faktor intelegensia emosi, social dan spiritual

“Tugas resume Konsep psikobiologi, imunologi, dan psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
4
Senin, 2 April 2012
05.00 – 07.00
Proses pembelajaran dan koping individu terhadap stressor
1.    Mekanisme koping
2.    Model koping
3.    Eustress dan distress
4.    Pengaruh terhadap hormonal
5.    Adaptasi tingkat sel
6.    Ekspresi gen terhadap stress
7.    Tingkatan struktural

“Tugas resume proses pembelajaran dan koping individu terhadap stressor”
Ceramah
STP
5
Senin, 9 April 2012
05.00 – 07.00
Mekanisme infeksi dalam psikoneuroimunologi
1.    Konsep Infeksi
2.    Proses inflamasi
3.    Upaya mikroorganisme untuk menghindari respon imun
4.    Respon imun pada infeksi mikroorganisme
5.    Pengaruh psikis dalam proses infeksi

“Tugas resume mekanisme infeksi dalam psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
6
Senin, 16 April 2012
05.00 – 07.00
Mekanisme kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi
1.    Peran limfosit pada alergi
2.    Peran faktor genetik pada alergi
3.    Peran faktor stressor bagi tubuh
4.    Reaksi hipersensitifitas dalam konsep psikoneuroimunologi

“Tugas resume kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
7
Senin, 23 April 2012
05.00 – 07.00
Mekanisme imunodeficiency dalam konsep psikoneuroimunologi
1.    Jenis imunodefisiensi
2.    Pemeriksaan imunodefisiensi
3.    Peran psikis dalam mekanisme imunodefisiensi

“Tugas resume mekanisme imunodefisiensi dalam proses psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
UJIAN TENGAH SEMESTER
30 April – 11 Mei 2012
8
Senin, 14 Mei 2012
05.00 – 07.00
Mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep psikoneuroimunologi
1.    Mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep PNI
2.    Monoklonalitas sebagai ciri keganasan
3.    Imunofenotif sebagai faktor pronostik
4.    Gamaptimonoklonal
5.    Kegagalan imunosurvei

“Tugas resume mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
9
Senin, 21 Mei 2012
05.00 – 07.00
Konsep psikoneuroimunologi pada kebugaran
1.    Modulator versus stressor
2.    Regulator faal sel
3.    Kebugaran dan respon imun
4.    Pola hidup sehari-hari dan psikoneuroimunologi
5.    Pengaruh opiad tubuh terhadap imunitas tubuh

“Tugas resume konsep psikoneuroimunologi pada kebugaran”
Ceramah
STP
10
Senin, 28 Mei 2012
05.00 – 07.00
Penyakit jiwa dan psikoneuroimunologi
1.    Pengertian penyakit jiwa
2.    Psikologi, psikiatri, psikoneuroimunologi
3.    Psikobiologi dan psikoneuroimunologi
4.    Waham, halusinasi, dan ilusi dalam psikoneuroimunologi

“Tugas resume penyakit jiwa dan psikoneuroimunologi”
Ceramah
STP
11
Senin, 4 Juni 2012
05.00 – 07.00
Perilaku keperawatan dan modulasi respon imun
1.    Paradikma psikoneuroimunologi dan keperawatan
2.    Perawat sebagai stressor dan respon imunitas pasien
3.    Perilaku caring sebagai imunomodulasi
4.    Bentuk caring dan respon imunitas tubuh

“ Tugas resume perilaku keperawatan dan modulasi respon imun”
Ceramah
STP
12
Senin, 11 Juni 2012
05.00 – 07.00
Aplikasi konsep psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan
1.    Psikoneuroimunologi sebagai model asuhan keperawatan
2.    Pengkajian keperawatan berbasis psikoneuroimunologi
3.    Penegakkan diagnosa keperawatan berbasis psikoneuroimunologi
4.    Perencanaan keperawatan berbasis psikoneuroimunologi
5.    Implementasi keperawatan berbasis psikoneuroimunologi

“Tugas resume konsep psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan”
Ceramah
STP
13
Senin, 18 Juni 2012
05.00 – 07.00
Aplikasi konsep psikoneuroimunologi pada karya ilmiah/penelitian
1.    Alur pikir penelitian berbasis psikoneuroimunologi
2.    Problem statement
3.    Paradigma berkonsep
4.    Kerangka konseptual dan hipotesis
5.    Variabel penelitian
6.    Metode Penelitian

“Tugas resume aplikasi konsep psikoneuroimunologi pada karya ilmiah/penelitian”
Ceramah
STP
14
Senin, 25 Juni 2012
05.00 – 07.00
Presentasi Tugas Kelompok
Diskusi
STP
MINGGU TENANG
2 – 6 JULI 2012
UJIAN AKHIR SEMESTER
9 – 20 JULI 2012

7.        Sumber Pustaka
a.    Ader, Fellen D. L., Cohen. (1991). Psychoneuroimmunology. New York : Academic Press Inc.
b.    Putra, S. T. (2004). Psychoneuroimmunologic Mechanism in Infectious Disease. Malang : Universitas Brawijaya.
c.     Abul K. Abbas, et al. (2000). Celluler and Moleculer Immunology, 4th Edition. Philadelphia : WB Saunders Company.
d.    Suhartono Taat Putra. (2005). Psikoneuroimmunologi Kedokteran. Surabaya : Gramik FK Unair.




Mengetahui
Kepala Program Studi
S1 Keperawatan





Ns. SETIADI, M. Kep.
03.001

Surabaya, 1 Februari 2012

Dosen Penanggung Jawab
Mata Ajar





Ns. NISHA DHARMAYANTI. R., S. Kep.



3 comments:

  1. makasih info nya bu...
    itu ikan yang di kolam atas belinya di mana yaa??
    itu ikan nya jenis apaan sih??
    itu ikan nya kalo ga di kasih makan aja gmana??
    "sorry banyak nanya, mau pinter"

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli di pasar ikan gunung sari...
      ikannya jenis nila...
      g dikasih makan tetap hidup...
      ok, no problemo...

      Delete
  2. mohon maaf mau tanya
    jika adanya stres dapat menurunkan respon imu apakah dengan pemberian terapi musik klasik dan sejenisnya yang mampu menjadi nyaman dapat meningkatkan respon imun pada individu yang sehat?

    ReplyDelete

 
Nurse is Caring Blogger Template by Ipietoon Blogger Template