SILABUS
KONTRAK
PERKULIAHAN
MATA KULIAH
|
:
|
PSIKONEUROIMUNOLOGI (PNI)
|
KODE/BOBOT SKS
|
:
|
-/2 SKS (2 TEORI)
|
FAKULTAS/JURUSAN
|
:
|
S1 KEPERAWATAN
|
SEMESTER
|
:
|
VIII (DELAPAN)
|
FASILITATOR
|
:
|
Prof. SUHARTONO TAAT PUTRA, dr. MSc (08123031875/taatputra@yahoo.com)
|
WAKTU
|
:
|
SENIN (05.00 – 07.00)
|
DOSEN PENANGGUNG JAWAB MATA AJAR (PJMA)
|
:
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep.
(085733961610/nersnishawithlove@yahoo.com/gmail.com)
|
|
|
|
1.
Deskripsi
Mata Ajar
Mata ajar ini menyajikan
bahasan tentang pemahaman dan penggunaan paradikma dan konsep
psikoneuroimunologi yang diperlukan untuk memecahkan masalah iptek
keperawatan/kesehatan dan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
ilmu keperawatan, sehingga tercapainya profesionalisme.
2.
Tujuan Mata
Kuliah
2.1 Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu mengaplikasikan
konsep psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan, serta penelitian
keperawatan.
2.2 Tujuan Instruksional Khusus
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu :
a. Menjelaskan
psikoneuroimunologi sebagai pendekatan dalam asuhan keperawatan
b. Menjelaskan
konsep stressor dan adaptasi
c. Menjelaskan
konsep psikobiologi, imunologi dan psikoneuroimunologi
d. Menjelaskan
proses pembelajaran dan koping individu terhadap stress
e. Menjelaskan
psikoneuroimunologi berbasis molekuler
f.
Menganalisa mekanisme infeksidalam psikoneuroimunologi
g. Menjelaskan
mekanisme kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi
h. Menjelaskan
mekanisme imunodefisiensi dalam konsep psikoneuroimunologi
i.
Menjelaskan mekanisme keganasan sel sistem imun dalam
konsep psikoneuroimunologi
j.
Menjelaskan perilaku keperawatan dan modulasi respon
imun
k. Menjelaskan
konsep psikoneuroimunologi pada kebugaran
l.
Menjelaskan penyakit jiwa dan psikoneuroimunologi
3.
Strategi
Pembelajaran
Metode pembelajaran pada mata kuliah psikoneuroimunologi
lebih banyak menggunakan metode ceramah dan diskusi tentang konsep
psikoneuroimunologi dan aplikasinya pada asuhan keperawatan. Penugasan berupa
pembuatan makalah sesuai dengan pokok bahasan dalam mata kuliah psikoneuroimunologi,
yangakan dilanjutkan dengan diskusi di kelas.
4.
Penugasan
a.
Mahasiswa diberi tugas sesuai dengan pokok bahasan
mata kuliah
b.
Tugas berupa tugas individu dan tugas kelompok sesuai
dengan topik yang telah ditentukan
c.
Tugas individu berupa resume postlearning. Dikumpulkan langsung pada Dosen PJMA setelah kuliah
dilaksanakan.
d.
Tugas kelompok berupa makalah dan softcopy. Materi
makalah, waktu pengumpulan, dan waktu presentasi ditentukan oleh fasilitator.
5.
Kriteria
Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh fasilitator dengan menggunakan
kriteria sebagai berikut :
No.
|
Nilai
Absolut
|
Nilai
Mutu
|
Nilai
Lambang
|
1
|
≥
75
|
A
|
4.0
|
2
|
70
- 74.9
|
AB
|
3.5
|
3
|
65
– 69.9
|
B
|
3.0
|
4
|
60
– 64.9
|
BC
|
2.5
|
5
|
55
– 59.9
|
C
|
2.0
|
6
|
40
– 54.9
|
D
|
1.0
|
7
|
<
40
|
E
|
0.0
|
Dalam menentukan nilai akhir digunakan pembobotan sebagai
berikut :
a.
UTS :
30 %
b.
UAS :
30 %
c.
Tugas Individu :
20 %
d.
Tugas Kelompok :
20 %
6.
Kegiatan
Perkuliahan
PTM
|
Waktu
|
Pokok Bahasan
|
Metode
|
Fasilitator
|
PENJELASAN SILABUS
OLEH PJMA
|
||||
1
|
Senin,
12 Maret 2012
05.00 –
07.00
|
Pengantar psikoneuroimunologi
1. Pengertian
psikoneuroimunologi
2. Psikoneuroimunologi
sebagai disciplines hybrid
3. Konsep HPA axis
4. Sejarah
psikoneuroimunologi
5. Pendekatan
psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan
“Tugas resume pengantar psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
2
|
Senin,
19 Maret 2012
05.00 –
07.00
|
Konsep stress, stressor, dan adaptasi
1. Pengertian stressor dan
stress
2. Konsep persepsi dan koping
3. Local adaptation dan
general adaptation
4. Efek stressor terhadap
imunitas
“Tugas resume konsep stress, stressor, dan adaptasi”
|
Ceramah
|
STP
|
3
|
Senin,
26 Maret 2012
05.00 –
07.00
|
Konsep psikobiologi, imunologi, dan psikoneuroimunologi
1. Konsep nerve-imune
bidirectional
2. Interaksi neuroimune
3. Jalur neuroendokrin dan
sistem imun
4. Peran neuropeptida, hormon
dan sitokin dalam psikoneuroimunologi
5. Neuromudulasi pada sistem
saraf
6. Faktor-faktor intelegensia
emosi, social dan spiritual
“Tugas resume Konsep psikobiologi, imunologi, dan
psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
4
|
Senin,
2 April 2012
05.00 –
07.00
|
Proses pembelajaran dan koping individu terhadap stressor
1. Mekanisme koping
2. Model koping
3. Eustress dan distress
4. Pengaruh terhadap hormonal
5. Adaptasi tingkat sel
6. Ekspresi gen terhadap
stress
7. Tingkatan struktural
“Tugas resume proses pembelajaran dan koping individu terhadap
stressor”
|
Ceramah
|
STP
|
5
|
Senin,
9 April 2012
05.00 –
07.00
|
Mekanisme infeksi dalam psikoneuroimunologi
1. Konsep Infeksi
2. Proses inflamasi
3. Upaya mikroorganisme untuk
menghindari respon imun
4. Respon imun pada infeksi
mikroorganisme
5. Pengaruh psikis dalam
proses infeksi
“Tugas resume mekanisme
infeksi dalam psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
6
|
Senin,
16 April 2012
05.00 –
07.00
|
Mekanisme kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi
1. Peran limfosit pada alergi
2. Peran faktor genetik pada
alergi
3. Peran faktor stressor bagi
tubuh
4. Reaksi hipersensitifitas
dalam konsep psikoneuroimunologi
“Tugas resume kejadian alergi berbasis psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
7
|
Senin,
23 April 2012
05.00 –
07.00
|
Mekanisme imunodeficiency dalam konsep psikoneuroimunologi
1. Jenis imunodefisiensi
2. Pemeriksaan
imunodefisiensi
3. Peran psikis dalam
mekanisme imunodefisiensi
“Tugas resume mekanisme imunodefisiensi dalam proses
psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
30 April –
11 Mei 2012
|
||||
8
|
Senin,
14 Mei 2012
05.00 – 07.00
|
Mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep psikoneuroimunologi
1.
Mekanisme keganasan sel sistem imun dalam
konsep PNI
2.
Monoklonalitas sebagai ciri keganasan
3.
Imunofenotif sebagai faktor pronostik
4.
Gamaptimonoklonal
5.
Kegagalan imunosurvei
“Tugas resume mekanisme keganasan sel sistem imun dalam konsep
psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
9
|
Senin,
21 Mei 2012
05.00
– 07.00
|
Konsep
psikoneuroimunologi pada kebugaran
1.
Modulator versus stressor
2.
Regulator faal sel
3.
Kebugaran dan respon imun
4.
Pola hidup sehari-hari dan psikoneuroimunologi
5.
Pengaruh opiad tubuh terhadap imunitas tubuh
“Tugas resume konsep
psikoneuroimunologi pada kebugaran”
|
Ceramah
|
STP
|
10
|
Senin,
28 Mei 2012
05.00
– 07.00
|
Penyakit jiwa dan
psikoneuroimunologi
1.
Pengertian penyakit jiwa
2.
Psikologi, psikiatri, psikoneuroimunologi
3.
Psikobiologi dan psikoneuroimunologi
4.
Waham, halusinasi, dan ilusi dalam
psikoneuroimunologi
“Tugas resume penyakit jiwa dan psikoneuroimunologi”
|
Ceramah
|
STP
|
11
|
Senin,
4 Juni 2012
05.00
– 07.00
|
Perilaku
keperawatan dan modulasi respon imun
1.
Paradikma psikoneuroimunologi dan keperawatan
2.
Perawat sebagai stressor dan respon imunitas
pasien
3.
Perilaku caring sebagai imunomodulasi
4.
Bentuk caring dan respon imunitas tubuh
“ Tugas resume
perilaku keperawatan dan modulasi respon imun”
|
Ceramah
|
STP
|
12
|
Senin,
11 Juni 2012
05.00
– 07.00
|
Aplikasi konsep
psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan
1.
Psikoneuroimunologi sebagai model asuhan
keperawatan
2.
Pengkajian keperawatan berbasis
psikoneuroimunologi
3.
Penegakkan diagnosa keperawatan berbasis
psikoneuroimunologi
4.
Perencanaan keperawatan berbasis
psikoneuroimunologi
5.
Implementasi keperawatan berbasis
psikoneuroimunologi
“Tugas resume
konsep psikoneuroimunologi dalam asuhan keperawatan”
|
Ceramah
|
STP
|
13
|
Senin,
18 Juni 2012
05.00
– 07.00
|
Aplikasi konsep
psikoneuroimunologi pada karya ilmiah/penelitian
1.
Alur pikir penelitian berbasis
psikoneuroimunologi
2.
Problem statement
3.
Paradigma berkonsep
4.
Kerangka konseptual dan hipotesis
5.
Variabel penelitian
6.
Metode Penelitian
“Tugas
resume aplikasi konsep psikoneuroimunologi pada karya ilmiah/penelitian”
|
Ceramah
|
STP
|
14
|
Senin,
25 Juni 2012
05.00
– 07.00
|
Presentasi Tugas
Kelompok
|
Diskusi
|
STP
|
MINGGU
TENANG
2 – 6 JULI
2012
|
||||
UJIAN AKHIR
SEMESTER
9 – 20 JULI
2012
|
7.
Sumber
Pustaka
a. Ader,
Fellen D. L., Cohen. (1991). Psychoneuroimmunology. New York :
Academic Press Inc.
b. Putra, S.
T. (2004). Psychoneuroimmunologic Mechanism in Infectious Disease. Malang
: Universitas Brawijaya.
c. Abul K.
Abbas, et al. (2000). Celluler and Moleculer Immunology, 4th
Edition. Philadelphia : WB Saunders Company.
d. Suhartono
Taat Putra. (2005). Psikoneuroimmunologi Kedokteran. Surabaya : Gramik FK Unair.
|
Mengetahui
Kepala Program
Studi
S1 Keperawatan
Ns. SETIADI, M. Kep.
03.001
|
|
Surabaya, 1
Februari 2012
Dosen
Penanggung Jawab
Mata Ajar
Ns. NISHA DHARMAYANTI. R., S. Kep.
|
|
makasih info nya bu...
ReplyDeleteitu ikan yang di kolam atas belinya di mana yaa??
itu ikan nya jenis apaan sih??
itu ikan nya kalo ga di kasih makan aja gmana??
"sorry banyak nanya, mau pinter"
beli di pasar ikan gunung sari...
Deleteikannya jenis nila...
g dikasih makan tetap hidup...
ok, no problemo...
mohon maaf mau tanya
ReplyDeletejika adanya stres dapat menurunkan respon imu apakah dengan pemberian terapi musik klasik dan sejenisnya yang mampu menjadi nyaman dapat meningkatkan respon imun pada individu yang sehat?