KONTRAK PERKULIAHAN
MATA KULIAH
|
:
|
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
|
KODE/BOBOT SKS
|
:
|
-/2 SKS (2 TEORI)
|
FAKULTAS/JURUSAN
|
:
|
S1 KEPERAWATAN
|
SEMESTER
|
:
|
II (DUA)
|
FASILITATOR
|
:
|
Dra. LILIEK SOETJIATIE, M. Si. (LS) (08155011186)
|
|
|
Ns. SETIADI, M. Kep. (STD) (081231508705)
|
|
|
MEIANA HARFIKA, SKM (MH) (085330747481)
|
|
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep. (NDR)
|
WAKTU
|
:
|
KAMIS (S1/1B)
|
|
|
JUMAT (S1/1A)
|
DOSEN PENANGGUNG JAWAB MATA AJAR (PJMA)
|
:
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep. (085733961610/nersnishawithlove@yahoo.com/gmail.com)
|
|
|
|
1.
Deskripsi
Mata Ajar
Mata ajar ini menggambarkan sosial
budaya dan pengaruhnya terhadap gaya hidup dan status kesehatan. Mata ajar ini
membahas tentang disiplin sosial budaya, politik, ekonomi yang berkaitan dengan
kesehatan, sistem pelayanan kesehatan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi di bidang kesehatan yang sesuai dengan berbagai sosial budaya untuk
mempromosikan kesehatan yang akan digunakan dalam pengelolaan keperawatan.
2.
Tujuan Mata
Kuliah
2.1 Tujuan Instruksional Umum
Setelah mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu :
a. Memahami
disiplin ilmu sosial budaya dasar terutama ilmu sosiologi, antropologi dan ilmu
sosial lain seperti politik dan ekonomi
b. Memahami
konsep dasar tentang masyarakat dan kebudayaan
c. Memahami
konsep dasar kelompok sosial, organisasi serta institusi sosial
2.2 Tujuan Instruksional Khusus
Setelah
mengikuti perkuliahan mahasiswa mampu :
a. Memahami
konsep dasar ilmu sosiologi
b. Memahami
konsep dasar ilmu antropologi
c. Memahami
konsep dasar ilmu politik
d. Memahami
konsep dasar ilmu ekonomi
e. Memahami
konsep manusia dan kepribadian
f.
Memahami konsep proses sosial dan interaksi sosial
g. Memahami
konsep kebudayaan dan masyarakat
h. Memahami
konsep lapisan masyarakat (stratifikasi sosial)
i.
Memahami konsep perubahan sosial dan kebudayaan
j.
Memahami konsep dinamik masyarakat dan kebudayaan
k. Memahami
ragam masyarakat dan kebudayaan
l.
Memahami konsep etnografi
m. Memahami
konsep kekuasaan, wewenang, dan kepemimpinan
n. Memahami
konsep kelompok sosial dan kehidupan masyarakat
o. Memahami
konsep lembaga kemasyarakatan
p. Memahami pengaruh sosial budaya dan ekonomi terhadap perilaku kesehatan
q. Memahami nilai sosial budaya dan politik serta implikasinya di bidang
keperawatan
r. Memahami nilai keilmuan yang mempengaruhi kesehatan dan keperawatan
3.
Strategi
Pembelajaran
Model pembelajaran pada mata ajar ilmu sosial dan budaya
dasar ini menggunakan model Student
Center Learning. Metode yang digunakan adalah perpaduan antara Small Group Discussion dan Discovery Learning, yaitu mahasiswa diwajibkan
untuk menggali teori dan informasi sesuai dengan materi yang ada pada silabus.
Metode Mini Lecture digunakan oleh
fasilitator untuk pemantapan teori dan informasi yang telah diperoleh mahasiswa
sebelumnya.
4.
Penugasan
a.
Mahasiswa diberi tugas sesuai dengan pokok bahasan
mata kuliah
b.
Tugas berupa tugas individu dan tugas kelompok sesuai
dengan topik yang telah ditentukan
c.
Tugas individu berupa resume prelearning dan postlearning.
dikumpulkan langsung pada Dosen PJMA.
d.
Tugas kelompok berupa makalah dan softcopy.
5.
Kriteria
Penilaian
Penilaian akan dilakukan oleh fasilitator dengan menggunakan
kriteria sebagai berikut :
No.
|
Nilai
Absolut
|
Nilai
Mutu
|
Nilai
Lambang
|
1
|
≥
75
|
A
|
4.0
|
2
|
70
- 74.9
|
AB
|
3.5
|
3
|
65
– 69.9
|
B
|
3.0
|
4
|
60
– 64.9
|
BC
|
2.5
|
5
|
55
– 59.9
|
C
|
2.0
|
6
|
40
– 54.9
|
D
|
1.0
|
7
|
<
40
|
E
|
0.0
|
Dalam menentukan nilai akhir digunakan pembobotan sebagai
berikut :
a.
UTS :
30 %
b.
UAS :
30 %
c.
Tugas Individu :
20 %
d.
Tugas Kelompok :
20 %
6.
Kegiatan
Perkuliahan
PTM
|
Waktu
|
Pokok Bahasan
|
Metode
|
Fasilitator
|
|
S1/1B
|
S1/SA
|
||||
PENJELASAN SILABUS
OLEH PJMA
|
|||||
1
|
Kamis,
15/03/12
15.30-17.30
|
Jumat,
16/03/12
15.30-17.30
|
Konsep dasar ilmu sosiologi
Konsep dasar imu antropologi
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
2
|
Kamis,
22/03/12
15.30-17.30
|
Jumat,
23/03/12
15.30-17.30
|
Konsep dasar ilmu politik
Konsep dasar ilmu ekonomi
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
3
|
Kamis,
29/03/12
15.30-17.30
|
Jumat,
30/03/12
15.30-17.30
|
Manusia dan kepribadian
Proses sosial dan interaksi sosial
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
4
|
Kamis,
05/04/12
15.30-17.30
|
Jumat,
06/04/12
15.30-17.30
|
Kebudayaan dan masyarakat
Lapisan masyarakat (stratifikasi sosial)
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
5
|
Kamis,
12/04/12
15.30-17.30
|
Jumat,
13/04/12
15.30-17.30
|
Perubahan sosial dan kebudayaan
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
6
|
Kamis,
19/04/12
15.30-17.30
|
Jumat,
20/04/12
15.30-17.30
|
Dinamik masyarakat dan kebudayaan
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
7
|
Kamis,
26/04/12
15.30-17.30
|
Jumat,
27/04/12
15.30-17.30
|
Ragam masyarakat dan kebudayaan
|
SGD, DL, ML
|
LS
|
UJIAN TENGAH
SEMESTER
30 April –
11 Mei 2012
|
|||||
8
|
Kamis,
17/05/12
08.00-10.00
|
Jumat,
18/05/12
08.00-10.00
|
Etnografi
|
SGD,
DL, ML
|
MH
|
9
|
Kamis,
24/05/12
08.00-10.00
|
Jumat,
25/05/12
08.00-10.00
|
Kekuasaan,
wewenang, dan kepemimpinan
|
SGD,
DL, ML
|
STD
|
10
|
Kamis,
31/05/12
08.00-10.00
|
Jumat,
01/06/12
08.00-10.00
|
Kelompok
sosial dan kehidupan masyarakat
|
SGD,
DL, ML
|
MH
|
11
|
Kamis,
07/06/12
08.00-10.00
|
Jumat,
08/06/12
08.00-10.00
|
Lembaga
kemasyarakatan
|
SGD,
DL, ML
|
MH
|
12
|
Kamis,
14/06/12
08.00-10.00
|
Jumat,
15/06/12
08.00-10.00
|
Pengaruh sosial budaya dan ekonomi terhadap perilaku kesehatan
|
SGD,
DL, ML
|
MH
|
13
|
Kamis,
21/06/12
08.00-10.00
|
Jumat,
22/06/12
08.00-10.00
|
Nilai sosial budaya dan politik serta implikasinya di bidang
keperawatan
|
SGD,
DL, ML
|
NDR
|
14
|
Kamis,
28/06/12
08.00-10.00
|
Jumat,
29/06/12
08.00-10.00
|
Nilai keilmuan yang mempengaruhi kesehatan dan keperawatan
|
SGD,
DL, ML
|
NDR
|
MINGGU TENANG
2 – 6 JULI
2012
|
|||||
UJIAN AKHIR
SEMESTER
9 – 20 JULI
2012
|
7.
Sumber
Pustaka
a. Budiharjo.,
Miriam., Prof. (2004). Dasar-dasar Ilmu Politik. Jakarta :
Gramedia Pustaka Utama
b. Iswara.,
F., SH., LLM. (1992). Pengantar Ilmu Politik. Bandung :
Bina Cipta
c. Koentjaraningrat.
(1986). Pengantar Antropologi Sosial dan Budaya. Jakarta : Karunika
Universitas Terbuka
d. Robert MZ
Lawang. (1994). Sistem Sosial Indonesia. Jakarta : Karunika Universitas Terbuka
e. Soleman B.,
Taneko. (1986). Konsep Sistem Sosial dan di Indonesia. Jakarta : Fajar Agung.
f. Soekanto,
Soerjono. (2006). Sosiologi : Suatu Pengantar. __________ : Rajawali Pres
|
Mengetahui
Kepala Program
Studi
S1 Keperawatan
Ns. SETIADI, M. Kep.
03.001
|
|
Surabaya, 1
Februari 2012
Dosen
Penanggung Jawab
Mata Ajar
Ns. NISHA DHARMAYANTI. R., S. Kep.
|
|
SILABUS MATA KULIAH
MATA KULIAH
|
:
|
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
|
KODE/BOBOT SKS
|
:
|
-/2 SKS (2 TEORI)
|
FAKULTAS/JURUSAN
|
:
|
S1 KEPERAWATAN
|
SEMESTER
|
:
|
II (DUA)
|
STANDAR KOMPETENSI
|
:
|
Mampu berpikir sistematis, komprehensif dan kritis dalam mengaplikasikan konsep
ilmu sosial budaya dan pengaruhnya terhadap gaya hidup dan status kesehatan
|
FASILITATOR
|
:
|
Dra. LILIEK SOETJIATIE, M. Si. (LS) (08155011186)
|
|
|
Ns. SETIADI, M. Kep. (STD) (081231508705)
|
|
|
MEIANA HARFIKA, SKM (MH) (085330747481)
|
|
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep. (NDR)
|
WAKTU
|
:
|
KAMIS (S1/1B)
|
|
|
JUMAT (S1/1A)
|
DOSEN PENANGGUNG JAWAB MATA AJAR (PJMA)
|
:
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep. (085733961610/nersnishawithlove@yahoo.com/gmail.com)
|
|
|
|
PTM
|
KOMPETENSI DASAR
|
BAHAN KAJIAN
|
SUB BAHAN KAJIAN
|
METODE PERKULIAHAN
|
INDIKATOR
|
BOBOT
|
ASSESMENT
|
FASILITATOR
|
|
PENJELASAN SILABUS OLEH PJMA
|
|||||||||
1
|
Memahami disiplin ilmu
sosial budaya dasar terutama ilmu sosiologi, antropologi dan ilmu sosial lain
seperti politik dan ekonomi
|
Dasar-dasar ilmu sosial dan
antropologi
|
1.
Konsep dasar ilmu sosiologi
2.
Konsep dasar ilmu antropologi
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning, dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
|
2
|
3.
Konsep dasar ilmu politik
4.
Konsep dasar ilmu ekonomi
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
|||
3
|
Memahami konsep dasar
tentang masyarakat dan kebudayaan
|
Konsep dasar sosial dan
budaya masyarakat
|
1.
Manusia dan kepribadian
a. Evolusi manusia
b. Ragam manusia
c.
Definisi kepribadian
d. Unsur-unsur kepribadian
e. Materi dari unsur-unsur kepribadian
f.
Ragam kepribadian
2.
Proses sosial dan interaksi sosial
a. Interaksi sosial sebagai faktor utama dalam kehidupan sosial
b. Syarat-syarat terjadinya interaksi sosial
c.
Bentuk-bentuk interaksi sosial : Asosiatif dan
Disosiatif
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
|
4
|
3.
Kebudayaan dan masyarakat
a. Kehidupan kolektif dan definisi masyarakat
b. Berbagai wujud kolektif manusia
c.
Unsur-unsur masyarakat
d. Pranata sosial
e. Integrasi masyarakat
f.
Definisi kebudayaan
g. Tiga wujud kebudayaan
h. Adat istiadat
i.
Unsur-unsur kebudayaan
j.
Integrasi kebudayaan
4.
Lapisan masyarakat (stratifikasi sosial)
a. Terjadinya lapisan masyarakat
b. Sifat sistem lapisan masyarakat
c.
Kelas-kelas dalam masyarakat
d. Dasar lapisan masyarakat
e. Unsur-unsur lapisan masyarakat : Status dan Role
f.
Mobilitas sosial
g. Perlunya sistem lapisan masyarakat
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
|||
5
|
Perubahan sosial dan
budaya, komunikasi antar bangsa
|
1.
Perubahan sosial dan kebudayaan :
a. Definisi dan teori perubahan sosial
b. Hubungan antara perubahan sosial dan perubahan kebudayaan
c.
Beberapa bentuk perubahan sosial dan kebudayaan
d. Faktor-faktor yang menyebabkan perubahan sosial dan kebudayaan
e. Faktor-faktor yang mempengaruhi jalannya proses perubahan
f.
Proses-proses perubahan sosial dan kebudayaan
g. Arah perubahan
h. Modernisasi
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
||
6
|
2.
Dinamik masyarakat dan kebudayaan
a. Proses belajar kebudayaan sendiri
b. Proses evolusi sosial
c.
Proses difusi
d. Akulturasi dan asimilasi
e. Pembaharuan dan inovasi
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions (MCQs)
|
LS
|
|||
7
|
3.
Ragam masyarakat dan kebudayaan
a.
Konsep suku bangsa
b.
Konsep daerah kebudayaan
c.
Daerah - daerah kebudayaan di Amerika Utara dan
Latin
d.
Daerah - daerah kebudayaan di Afrika
e.
Daerah – daerah kebudayaan di Asia
f.
Suku-suku bangsa di Indonesia
g.
Ras, bahasa, dan kebudayaan
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
LS
|
|||
UJIAN TENGAH SEMESTER 30 %
|
|||||||||
8
|
4. Etnografi
a.
Kesatuan sosial dalam etnografi
b.
Kerangka etnografi
c.
Lokasi, lingkungan alam dan demografi
d.
Asal mula dan sejarah suku bangsa
e.
Bahasa
f.
Sistem teknologi
g.
Sistem mata pencaharian
h.
Organisasi sosial
i.
Sistem pengetahuan
j.
Sistem religi
k.
Kesenian
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
MH
|
|||
9
|
Memahami konsep dasar
kelompok sosial, organisasi serta institusi sosial lain
|
Kelompok, organisasi,
institusi sosial
|
1. Kekuasaan, wewenang, dan kepemimpinan
a.
Hakikat kekuasaan dan sumbernya
b.
Unsur-unsur saluran kekuasaan dan dimensinya
c.
Cara-cara mempertahankan kekuasaan
d.
Beberapa bentuk lapisan kekuasaan
e.
Wewenang : Kharismatis, tradisional, dan legal;
resmi dan tidak resmi; pribadi dan teritorial; terbatas dan menyeluruh
f.
Kepemimpinan : perkembangan kepemimpinan dan
sifat-sifat seorang pemimpin; kepemimpinan menurut ajaran tradisional;
sandaran-sandaran kepemimpinan dan kepemimpinan yang dianggap efektif
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
STD
|
|
10
|
2. Kelompok sosial dan kehidupan masyarakat
a.
Tipe-tipe kelompok sosial
b.
Kelompok-kelompok sosial yang tidak teratur
c.
Masyarakat pedesaan dan masyarakat perkotaan
d.
Kelompok-kelompok kecil
e.
Dinamika kelompok sosial
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
MH
|
|||
11
|
3. Lembaga kemasyarakatan
a.
Proses pertumbuhan lembaga kemasyarakatan
b.
Ciri-ciri umum lembaga kemasyarakatan
c.
Tipe-tipe lembaga kemasyarakatan
d.
Cara-cara mempelajari lembaga kemasyarakatan
e.
Conformity dan deviation
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam menyusun
resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah tulisan yaitu
kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
6.36 %
|
Multiple Choice Questions
(MCQs)
|
MH
|
|||
12
|
Pengaruh sosial budaya dan
ekonomi terhadap perilaku kesehatan
|
1.
Konsep dasar perilaku kesehatan
a.
Batasan perilaku
b.
Perilaku kesehatan
c.
Domain perilaku
d.
Adopsi perilaku dan indikatornya
e.
Aspek sosiopsikologi perilakukesehtan
2.
Pengaruh sosial budaya terhadap perilaku
kesehatan
3.
Pengaruh ekonomi terhadap perilaku kesehatan
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
10 %
|
Essay
|
MH
|
||
13
|
Nilai sosial budaya dan
politik serta implikasinya di bidang keperawatan
|
1.
Konsep dasar perawat :
a.
Definisi
b.
Peran
c.
Fungsi
d.
Tugas
e.
Hak
f.
Kewajiban
2.
Regulasi perundang-undangan untuk perawat
3.
Pengaruh politik terhadap regulasi
perundang-undangan untuk perawat
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
10 %
|
Essay
|
NDR
|
||
14
|
Nilai keilmuan yang mempengaruhi
kesehatan dan keperawatan
|
Pengaruh ilmu sosial terhadap keperawatan :
a.
Ilmu sosiologi
b.
Ilmu antropologi
c.
Ilmu politik
d.
Ilmu ekonomi
|
Small Group Discussion,
Discovery Learning dan Mini Lecturer
|
Kemampuan dalam
menyusun paper ilmiah dan mempresentasikan paper serta mendiskusikan di
kelas.
Segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan.
Penguasaan isi
paper
Kemampuan
penyajian
Kemampuan
berdiskusi
Antusiasme
Interaktif
Kemampuan dalam
menyusun resume hasil pembelajaran : Sistematika penulisan, segi ilmiah
tulisan yaitu kerapian tulisan, ketepatan waktu pengumpulan tugas.
|
10 %
|
Essay
|
NDR
|
||
UJIAN AKHIR SEMESTER 30 %
|
|||||||||
|
Mengetahui
Kepala Program
Studi
S1 Keperawatan
Ns. SETIADI, M. Kep.
03.001
|
|
Surabaya, 1
Februari 2012
Dosen
Penanggung Jawab
Mata Ajar
Ns. NISHA DHARMAYANTI. R., S. Kep.
|
|
RANCANGAN
TUGAS
MATA KULIAH
|
:
|
ILMU SOSIAL DAN BUDAYA DASAR
|
SEMESTER
|
:
|
II (DUA)
|
JUMLAH SKS
|
:
|
2 SKS (2 TEORI)
|
DOSEN PJMA
|
:
|
Ns. NISHA DHARMAYANTI RINARTO, S. Kep.
(085733961610/nersnishawithlove@yahoo.com/gmail.com)
|
PTM
|
Tujuan Tugas
|
Uraian Tugas
|
Metode Cara Pengerjaan
|
Kriteria Penilaian
|
|
Hard Skill
|
Soft Skill
|
||||
1-14
|
Mahasiswa membuat
resume hasil pembelajaran prelearning dan
postlearning
|
Mahasiswa diwajibkan membuat resume prelearning materi mata kuliah sebelum
kuliah dilaksanakan. Sedangkan resume postlearning
dikumpulkan setelah kuliah pada materi yang bersangkutan dilaksanakan.
|
1. Mahasiswa membuat resume hasil pembelajaran prelearning dan postlearning
di buku tulis milik mahasiswa.
2. Resume prelearning materi
mata kuliah sebelum kuliah dilaksanakan dan dikumpulkan maksimal H-1 sebelum
kuliah pada materi yang bersangkutan dilaksanakan. Sedangkan resume postlearning dikumpulkan maksimal H+1
setelah kuliah pada materi yang bersangkutan dilaksanakan.
3. Resume
dikumpulkan langsung
|
Kemampuan membuat
resume konsep yang akan dan telah dipelajari
|
Disiplin
Antusias
Komunikasi tertulis
Mendengarkan
|
13-14
|
Mahasiswa
secara berkelompok membuat makalah
|
Mahasiswa
diwajibkan membuat makalah sesuai dengan topik yang akan dibahas pada minggu
ke 13-14
|
1.
Makalah paling lambat dikumpulkan 1 minggu
sebelum jadwal pertemuan langsung pada Dosen PJMA.
2.
Kelas dibagi menjadi 6 kelompok dengan 3
kelompok membahas materi yang sama.
3.
Presentasi dilaksanakan pada pertemuan ke 13
dan 14 sesuai dengan materi yang akan dibahas pada pertemuan tersebut.
4.
3 kelompok yang maju pada hari tersebut
diwakili oleh masing-masing 2 orang dari tiap kelompok untuk berkolaborasi
mempresentasikan materi yang telah dibahas oleh masing-masing kelompok yang
bersangkutan.
5.
Bila dari hasil diskusi terdapat beberapa
revisi, makalah revisian dan soft copy dikumpulkan paling lambat 1 minggu
setelah presentasi.
|
Kemampuan
menganalisis konsep terkait topic yang telah ditetapkan
Kemampuan
mengembangkan materi dari sub pokok bahasan yang telah ditetapkan
Kemampuan
dalam mengembangkan referensi terkait dengan pokok bahasan
|
Disiplin
Antusias
Komunikasi tertulis
Mendengarkan
Lengkap Komunikasi
Kerjasama
Sintesa hasil
Saling menghargai
Inisiatif
Leadership
|
|
Mengetahui
Kepala Program
Studi
S1 Keperawatan
Ns. SETIADI, M. Kep.
03.001
|
|
Surabaya, 1
Februari 2012
Dosen
Penanggung Jawab
Mata Ajar
Ns. NISHA DHARMAYANTI. R., S. Kep.
|
|
0 comments:
Post a Comment